Penyakit Jantung Karena Turunan ?

Penyebab-Jantung-Bawaan

Jantung itu satu organ tubuh yang rumit. Sebenarnya di sana ada dua buah pompa yang dijadikan satu. Pompa yang satu yang disebut jantung sebelah kanan menerima darah dari semua bagian tubuh dan memompakannya ke paru-paru dan kembali ke jantung bagian yang lain. Pompa yang lain, bagian jantung sebelah kiri, menerima darah yang baru saja diisi dengan zat asam sementara beredar dalam paru-paru, dan kemudian memompakannya ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah. Tiap tiap bagian jantung mempunyai dua serambi, serambi atas (altrium) dan serambi bawah (ventricle)-jumlah semuanya ada empat serambi yang dipisahkan satu dengan yang lain oleh sekat serambi, dan dihubungkan dengan saluran yang diatur oleh katup jantung,TahukahAnda tahitian noni juice di makassar

Dalam sejarah kehidupan jantung pada mulanya tidak begitu rumit. Jantung mulai berfungsi tiga minggu setelah pembuahan, memompakan darah ke seluruh jaringan mudigah yang sedang berkembang. Pada waktu itu jantung terdiri dari satu pipa yang berdenyut.

Selama lima minggu yang berikut (tiga sampai delapan minggu sesudah pembuahan), jantung menjadi alat tubuh yang mempunyai empat serambi. Yang mengherankan ialah, dia terus memompakan darah sementara berkembang dari satu pipa menjadi alat yang berserambi empat.

Proses perkembangannya begitu rumit bahwa jikalau keadaan jaringan anak yang belum dilahirkan tidak memenuhi syarat seluruhnya, maka akan terjadi cacat pada jantung.

Cacat jantung dan pembuluhnya inilah yang menyebabkan separuh dari angka kematian karena cacat bawaan. Sejenis cacat bawaan ini terdapat pada lima dari antara seribu bayi yang dilahirkan hidup. Oleh karena fungsi jantung sangat penting untuk kesejahteraan seluruh tubuh, maka cacat jantung yang serius akan mengancam hidup seorang anak.

Dengan pembedahan jantung, sudah dapat diselamatkan atau diperpanjang nyawa banyak anak yang menderita penyakit jantung bawaan. Tentu perlu juga untuk memastikan jenis cacat sebelum menentukan perlu tidaknya pembedahan jantung. Sekarang ini sudah ada peralatan di pusat pusat pengobatan yang dapat memastikan keadaan cacat jantung.

Tinggalkan komentar