Pengobata Jantung Masa Kini

Periksa-jantung

Walaupun pencangkokan jantung belum praktis, banyaklah kemajuan yang dicapai dengan jalan lain dalam pengobatan penyakit jantung. Baca Juga obat alami untuk asma Atau obat penyakit asma tradisional

Dengan perkembangan mesin jantung paru-paru, para ahli bedah sudah dapat membedah jantung sementara darah pasien beredar melalui mesin. Dengan begitu jantung dapat dibedah untuk diperbaiki, seperti dalam hal jantung seorang anak yang tidak berkembang secara normal. Lagi pula, pembedahan jantung secara terbuka dapat memungkinkan pergantian katup jantung yang sudah rusak.

Satu lagi prosedur pembedahan yang dapat memperpanjang usia manusia ialah “operasi b5pass”, di mana sebagian pembuluh darah pasien yang diambil dari bagian tubuh lainnya, dimasukkan ke dalam pembuluh balik yang menyalurkan darah ke dalam jantung. Dengan begitu darah dapat dialirkan ke daerah di mana pembuluh-pembuluh koroner tidak dapat mengalirkan darah karena sudah menyempit.

Tekanan darah tinggi adalah penyebab lain dari penyakit jantung. Dengan penemuan-penemuan obat-obatan, tekanan darah sekarang sudah dapat diturunkan dengan meminum obat-obat tertentu. Dengan begitu jantung dapat diselamatkan dari kerusakan yang dapat terjadi karena pekerjaan berat memompakan darah di bawah tekanan tinggi.

Bagi mereka yang tidak teratur denyut jantungnya tersedia satu alat sederhana yang disebut electronic pacemaker (pengatur denyut jantung elektronis). Alat ini dapat ditanam (melalui pembedahan kecil) di bawah kulit dada pasien. Di sana alat itu akan bermukim seterusnya dan mengeluarkan rentetan sinyal yang akan merangsang otot jantung untuk berdenyut secara normal.

Tinggalkan komentar